Aplikasi Wajib Buat Youtuber Pemula

Saat ingin menjadi youtuber, hal pertama yang dilakukan tentunya adalah membuat akun Youtube terlebih dahulu. Lalu setelah itu? Tentu saja langsung membuat video yang disukai oleh penonton dengan konsisten. Akan tetapi, nyatanya proses pembuatan video ini tidak semudah yang dibayangkan. Diperlukan beberapa hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah Penentuan Niche Channel Youtube. Untuk mempermudah persiapan tersebut, alangkah baiknya menggunakan aplikasi pihak ketiga sehingga proses pembuatan video bisa jauh menjadi lebih mudah. Berikut aplikasi wajib bagi para youtuber pemula berdasarkan rekommendasi hanyawarta.

Kategori Aplikasi

Karena postingan ini bukan merupakan endorse dari pihak manapun, aplikasi yang disarankan merupakan sepenuhnya berdasarkan pengalam penggunaan aplikasi dari penulis. Berikut pembagian kategori dari aplikasi-aplikasi yang sekiranya dibutuhkan.

  • Analisis Channel
  • Video Editor
  • Video Compressor
  • Screen Recorder
  • Foto Editor

Mungkin seklias terlihat sangat banyak dan ribet. Akan tetapi, pada dasarnya tidak semua aplikasi akan digunakan dalam pembuatan suatu video. Penggunaan aplikasi tergantung jenis video yang akan dibuat dan tingkat kesulitan konten video tersebut.

Aplikasi Analisis Channel

Aplikasi dengan kategori ini merupakan salah satu yang paling penting untuk mengembangkan channel Youtube kita. Aplikasi ini memberikan sebagian besar data dari performa channel kita beserta semua video yang telah diunggah di dalamnya. Misalkan kita mengunggap 1 video baru di Youtube. Setelah diunggah kita sadar bahwa video tersebut memiliki waktu tonton yang sangat rendah. Hal ini dapat berarti bahwa konten kita kurang menarik atau kurang sesuai dengan judul sehingga penonton tidak menonton sampai akhir. Contoh lain misalnya konversi dari impresi video dan penonton video sangat kecil, hal ini mungkin dapat disebabkan oleh Thumbnail dan Judul yang digunakan kurang menarik sehingga penonton kurang tertarik untuk menonton video.

Dengan fungsi yang sangat penting tersebut, penulis hanya mengetahui 1 saja apllikasi yang ada pada kategori ini. Aplikasi tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Youtube Studio. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store atau Aps Store iOS.

Aplikasi Video Editor

Dari namanya, sudah sangat jelas bahwa aplikasi ini digunakan untuk mengedit video yang akan diunggah di Youtube. Untuk membuat penonton tetap setia dengan channel kita, dibutuhkan video dengan kualitas yang baik. Video berkualitas baik ini memerlukan pengeditan dari beberapa video yang digunakan. Bagi Youtuber pemula, umumnya penggunaan HP masih sangat dilirik karena biaya awal yang diperlukan tidak terlalu besar. Maka dari itu, rekomendasi kali ini adalah aplikasi video editor di HP.

Rekomendasi penulis adalah Kinemaster. Kinemaster dapat diunduh di Google Play Store dari link berikut ini.

Video Compressor

Video yang terlalu panjang atau membutuhkan banyak part biasanya menghabiskan sangat banyak memori. Bagi beberapa Youtuber pemula yang menggunakan HP dengan memori terbatas, maka hal ini akan sangat merugikan. Solusi dari masalah ini adalah Aplikasi Video Compressor. Aplikasi ini mampu memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kuallitasnya secara signifikan sehingga masih bisa ditonton dengan baik. Diperlukan setting tertentu dalam penggunaan aplikasi jenis ini sehingga ukuran video tidak terlalu besar dan kualitasnya tetap baik.

Dalam penerapannya, penulis sendiri tidak terlalu sering menggunakan aplikasi ini. Sebagian besar video langsung diedit dan diunggah ke aplikasi Youtube tanpa melalui proses kompresi. Akan tetapi, bagi yang menggunakannya penulis sarankan aplikasi ini.

Screen Recorder

Dalam pembuatan video, tidak jarang diperlukan rekaman layar HP yang digunakan. Atau, Channel Youtube yang akan dibangun memang memfokuskan kepada tutorial sehingga perlu menunjukkan langkah-langkah kepada penonton video yang diunggah. Aplikasi perekam layar atau screen recorder bisa sangat membantu pembuatan video karena penggunaannya yang tidak terlalu sulit. Penulis sendiri sangat sering menggunakan aplikasi ini. Berikut rekomendasi pribadi dari penulis, yaitu aplikasi AZ Screen Recorder.

Foto Editor

Aplikasi ini diperuntukkan untuk membuat thumbnail yang menarik di Youtube. Dengan thumbnail yang menarik, semakin banyak pengunjung Youtube yang awalnya hanya melihat video kita, menjadi tertarik untuk menontonnya. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga bahwa Thumbnail yang bersifat berlebihan, clickbait, atau tidak mencerminkan isi video sangat dilarang oleh Youtube. Maka dari itu, sangat disarankan untuk melakukan riset thumbnail kompetitor sehingga mereka mendapatkan banyak views.

Aplikasi yang penulis sarankan adalah Canva. Aplikasi ini merupakan paket lengkap untuk membuat Thumbnail atau melakukan editing sederhana pada Foto. Telah disediakan sangat banyak template sesuai jenis aset digital yang akan dibuat. Misal: banner Channel Youtube, Thumbnail Youtube, Logo, dan masih banyak lagi. Ukurannya pun langsung otomatis ditentukan sehingga kita tidak perlu khawatir ukuran kekecilan atau terlalu besar. Walaupun Aplikasi ini bisa digunakan pada HP, penulis merasa lebih nyaman saat menggunakannya di PC.

Tetap Konsisten

Setelah menginstal semua aplikasi wajib buat youtuber pemula, jangan lupa untuk terus mengunggah video secara konsisten di Youtube. Menurut penulis, hal ini merupakan salah satu yang paling sulit untuk dilakukan. Akan tetapi, jika berhasil konsisten dan terus berkembang, maka youtube bisa memberikan pundi-pundi yang tidak sedikit kepada kita. Selengkapnya, dapat dibaca artikel mengenai Berapa Penghasilan Youtuber Pemula 2020? agar mendapatkan sedikit gambaran mengenai seberapa besar Youtube bisa memberikan pundi-pundi uang kepada kita. Terima Kasih telah berkunjung dan semoga channel para pembaca bisa sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *