Belajar Bahasa Jepang Dasar: Serba-Serbi

Halo semua, kali ini penulis hadir dengan format yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Dimulai dari kebingungan menemukan topik selanjutnya untuk tulisan pada blog ini, penulis memutuskan untuk membuat rangkaian series Belajar Bahasa Jepang dasar gratis bagi pemula. Tujuannya sederhana banget. Pertama, penulis ingin membagikan pengalaman belajar bahasa jepang kepada siapapun yang membutuhkannya. Kedua, sembari membagikan pengalaman, penulis juga ingin mengingat kembali sembari meningkatkan kemampuan berbahasa jepang yang masih sangat minim. Jadi, jika terdapat penjelasan yang sulit dipahami atau salah, jangan sungkan untuk mengomentarinya agar kemampuan kita berkembang bersama. 

Postingan pertama ini merupakan serba-serbi sebelum mulai belajar bahasa jepang. Hal ini sering dipandang sebelah mata akan tetapi bisa berpengaruh besar terhadap keberhasilan belajar bahasa jepang. Akan sangat baik jika para pembaca menjawab semua pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

1. Motivasi/Tujuan

Apa Motivasi atau Tujuan Kalian Belajar Bahasa Jepang?

Sebelum kalian melewati bagian ini, percayalah bahwa ini merupakan bagian terpenting dari semuanya. Jika ada bagian yang tidak boleh kalian lewati, inilah bagian tersebut. Menentukan motivasi belajar bahasa jepang dapat memperbesar peluang keberhasilan, mempercepat waktu belajar, mengurangi kemungkinan terdistraksi saat belajar, dan masih banyak lagi. Untuk memahaminya lebih mudah, penulis akan berikan contoh dan motivasi penulis pribadi sebagai gambaran.

Motivasi Penulis

Motivasi Penulis Belajar Bahasa Jepang adalah agar bisa bekerja di Jepang. Singkatnya, penulis diterima di sebuah perusahaan jepang. Karena kemampuan bahasa jepang penulis saat diterima 0, maka penulis harus lulus kelas bahasa jepang dari perusahaan ini sebelum dapat bekerja di Jepang. Dalam hal ini, motivasi yang penulis miliki lebih ke arah keterpaksaan. Walaupun kurang menyukai bahasa jepang, penulis harus lulus bagaimanapun caranya agar bisa bekerja di Jepang dan membahagiakan orang tua. Motivasi atau Tujuan inilah yang membuat penulis rela begadang, membaca berkali-kali materi yang tidak kunjung dipahami, belajar ber jam-jam dalam satu hari, dan lain sebagainya.

“Lalu bagaimana jika belum punya motivas besar dan hanya ingin belajar bahasa jepang?” Jawabannya tentu tidak apa-apa. Siapa saja bisa belajar bahasa Jepang baik yang sudah punya motivasi atau yang hanya sekedar coba-coba. Akan tetapi, perlu disadari bahwa tidak adanya atau kurangnya motivasi umumnya dapat memperlambat proses belajar, menurunkan prioritas yang dapat berdampak pada penundaan, kemalasan, dan masih banyak lagi. Jadi, jika ingin bisa berbahasa jepang, alangkah baiknya jika pembaca menjawab pertanyaan yang ada pada awal bagian ini.

Contoh Motivasi

“Contoh motivasi lain gak ada? Saya tidak keterima di Perusahaan Jepang, beda dengan Penulis” Jawabannya tentu ada. Sangat banyak malah. Misalkan saja beberapa motivasi yang bisa kalian jadikan contoh.

  • Menonton Anime Jepang Tanpa Subtitle
  • Bisa Paham Drama Jepang
  • Bisa Memainkan Game-Game Berbahasa Jepang
  • Menjadi Mangaka (Pembuat Manga) di Jepang
  • Menjadi Penerjemah
  • Tuntutan Pendidikan karena Kuliah Bahasa Jepang
  • Cinta Budaya Jepang
  • Ingin Menikah dengan Pria/Wanita Jepang

Tidak hanya motivasi-motivasi di atas, pembaca dapat menemukan sendiri motivasi lain tergantung dari setiap orang masing-masing. Semakin besar motivasi atau tujuan, maka kemungkinan menguasai bahasa jepang akan lebih besar. Jadi, silahkan tentukan motivasi/tujuan kalian dalam belajar bahasa jepang.

2. Metode Belajar

“Metode Belajar seperti apa yang akan kalian gunakan?”

Metode belajar yang dimaksudkan dalam hal ini secara sederana dapat dibagi menjadi online dan offline. Metode belajar online umumnya ada yang dua arah dan satu arah. Metode online dua arah yang dimaksud adalah proses belajar mengajar real time menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Zoom, Google Hangout, WebEx, dll yang dilakukan antara Guru dan Siswa. Metode ini memungkinkan siswa bertanya secara langsung seperti sedang kelas offline pada umumnya. Metode online satu arah umumnya menuntut kita menonton rekaman dari guru bahasa jepang mengajar dari video ataupun teks seperti blog ini. Metode ini umumnya menggunakan media seperti Youtube atau Website khusus dari pihak penyedia pembelajaran bahasa jepang. 

Metode belajar offline yang penulis ketahui umumnya berupa kursus/les bahasa jepang. Beberapa kursus hanya dilaksanakan saat weekend (Sabtu dan Minggu) atau menyesuaikan dengan jadwal masing-masing. Selain itu terdapat sebuah kursus dengan metode bootcamp yang khusus untuk proses belajar bahasa jepang. Metode bootcamp yang dimaksud dalam hal ini adalah kursus dilangsungkan di suatu tempat (misal Indonesia atau Jepang) dalam rentang waktu tertentu (misal 6 bulan) yang khusus diperuntukkan untuk proses belajar bahasa Jepang. Jadi, setiap hari dari senin sampai Jumat, dari pagi hingga sore belajar bahasa jepang non stop terus menerus.

Pengalaman Penulis

“Penulis menggunakan Metode yang mana?” Penulis sendiri diharuskan untuk mengikuti metode bootcamp ini selama kurang lebih 9 bulan di Jepang. Menentukan metode belajar perlu memperhatikan beberapa hal. Metode yang paling efektif tentunya adalah metode bootcamp yang dilaksanakan di Jepang. Metode ini mencegah adanya distraksi lain karena pembelajaran berfokus pada bahasa jepang saja. Selain itu, jika berkesempatan mendapatkan bootcamp langsung di Jepang, bahasa Jepang yang diajarkan dapat secara langsung diaplikasikan. Ditambah lagi, dikarenakan sering mendengar native speaker, kemampuan bahasa jepang umumnya akan meningkat dibanding mendengarnya dari yang bukan native speaker. Untuk metode lain, secara umum rumusnya sederhana, semakin banyak waktu belajar, semakin cepat menguasai bahasa jepang. Tentunya motivasi juga sangat penting dalam hal ini. Tanpa motivasi, pembelajaran tidak akan bisa dilanjutkan.

Trade Off

Akan tetapi, trade off dari metode bootcamp di Jepang adalah biaya yang sangat tinggi jika menggunakan biaya pribadi. Hal inilah yang perlu dipikirkan oleh pembaca untuk menyesuaikan dengan situasi, kondisi, dan motivasi pribadi. Sekian untuk bagian metode belajar, semoga para pembaca dapat menentukan metode belajar yang paling sesuai dengan karakteristik pribadi masing-masing. Tidak perlu takut sala menentukan metode belajar dikarenakan pada awalnya hanya belajar bahasa jepang dasar yang tidak terlalu kompleks. Jika salah menentukan metode, dapat diperbaiki kemudian.

3. Biaya

“Berapa Biaya yang kalian Siapkan untuk Belajar Bahasa Jepang?”

Tidak usah khawatir jika kalian belum memiliki gambaran yang jelas mengenai nominal uang yang kalian punya, atau yang kalian mampu anggarkan untuk belajar bahasa jepang. Jangan juga berkecil hati bagi kalian yang tidak memiliki biaya untuk belajar bahasa jepang. Internet secara umum dan Youtube salah satunya menyediakan pembelajaran secara gratis sehingga sangat cocok untuk belajar bahasa jepang bagi pemula. Kerugian dari yang gratis adalah banyaknya pilihan dan bingung mau belajar dari mana sehingga ujung-ujungnya tidak jadi belajar. Blog ini hadir untuk menjawab permasalahan tersebut. Penulis akan menuntun pembaca semua untuk mempelajari bahasa jepang dasar bagi para pemula secara gratis. Caranya yaitu dengan memberikan topik belajar bahasa jepang secara berurutan dan terstruktur seperti kurikulum sehingga para pembaca tidak kebingungan. Penulis sadar bahwa pembelajaran dari blog ini saja mungkin belum cukup, sehingga sedapat mungkin penulis akan menyertakan link-link ke sumber lain yang menurut penulis sangat membantu.

Bagi yang dapat mengalokasikan biaya lebih, sangat disarankan untuk mengikuti kursus atau kelas online berbayar. Hal ini dikarenakan dari segi kualitas umumnya lebih baik dan karena kita mengeluarkan uang sendiri, motivasi jadi bertambah agar uang yang dikeluarkan tidak jadi sia-sia. Jika memiliki uang yang lumayan banyak akan tetapi masih tetap bingung mau kursus di mana, coba saja ketik di google “Kursus Bahasa Jepang Berkualitas di Kota …” Jangan lupa tambahkan nama kota kalian. Akan banyak muncul hasil pencarian. Pilih yang paling berkualitas dari segi website, harga, jarak dengan tempat tinggal, jadwal, dan testimoni. Untuk testimoni mungkin dapat dicari di website terpisah.

4. Rentang Waktu

Berapa Lama Target kalian Belajar Bahasa Jepang?

Belajar bahasa selain bahasa asli membutuhkan waktu. Hal ini perlu disadari jauh-jauh hari sebelum mulai mempelajari bahasa tersebut. Contoh sederhananya saja Bahasa Inggris. Bahasa Inggris diajarkan sejak kelas III SD di Indonesia, akan tetapi setelah SMA tidak semua orang mampu berbahasa Inggris. Setelah kita menyadari bahwa belajar bahasa selain bahasa Ibu itu susah dan memakan waktu yang lama, maka diperlukan rentang waktu yang wajar dan target untuk dievaluasi. 

Misalnya dalam kasus penulis, perusahaan memberikan target 1 tahun maksimal untuk belajar bahasa jepang hingga mampu bekerja. Standar mampu bekerja tersebut adalah lolos tes JLPT N3 yang diselenggarakan perusahaan. “Apa itu JLPT N3?” Pembahasan Selengkapnya akan penulis berikan pada postingan terpisah. Akan tetapi, secara sederhana, JLPT N3 merupakan tes bahasa jepang resmi dari pemerintah jepang untuk mengukur kemampuan berbahasa jepang.

Lalu, bagi kalian yang belum begitu mengerti, ingin belajar dan masih awam dengan istilah-istilah yang penulis gunakan tidak perlu khawatir. Targetkan saja dulu 6 bulan dan tetap ikuti blog dari penulis ini. Penulis akan berusaha menargetkan para pembaca web ini untuk mampu lulus JLPT N5 dalam waktu minimal 6 bulan. Tentu saja semua tergantung dengan para pembaca, apakah memiliki motivasi yang tinggi atau tidak. Semoga dengan 

Kesimpulan

Terima kasih sudah membaca sampai sejauh ini. Tujuan utama penulis adalah agar kesalahan-kesalahan dalam belajar bahasa jepang dasar yang dulu tidak terulang pada kalian semua. Maka dari itu, penulis membuat serba-serbi pertanyaan yang harus kalian ketahui dan jawab sebelum memutuskan untuk mempelajari bahasa jepang. Bagi kalian yang sudah memulai dan sedang belajar tidak masalah. Sembari belajar jawablah pertanyaan-pertanyaan di atas untuk mempercepat proses pembelajaran kalian semua. Akhir kata, sekian pembahasan mengenai belajar bahasa jepang dasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *