Berapa Besar Penghasilan di Amerika?

Bali, 04/07/2020 – Amerika merupakan salah satu Negara adidaya yang sangat disegani oleh Negara-negara lain. Banyak bidang di dunia menjadikan Amerika sebagai titik acuan dalam mengambil keputusan. Hal ini menyebabkan Amerika memiliki ekonomi yang sangat besar. Bahkan, ada frase “Chasing American Dream” yang ditujukan kepada orang-orang yang ingin sekali pergi dan mengadu nasib di Amerika. Hal ini tentunya dikarenakan banyaknya kesempatan yang ditawarkan untuk berkembang dan menjadi yang terbaik. Lalu berapa besar sih penghasilan di Amerika?  Berikut penulis sajikan datanya lengkap dengan perbandingan dengan Indonesia.

Penghasilan di Amerika Serikat

Tidak seperti di Indonesia, penghasil di Amerika umumnya dihitung dalam kurun waktu satu tahun. Mengutip artikel thebalancecareers.com, nilai median penghasilan untuk pekerja di Amerika Serikat adalah $49,764 dalam kurun waktu 1 tahun. Jika menggunakan nilai dollar hari ini, 4 Juli 2020, sebesar Rp 14.500/dollar, maka jumlah tersebut setara dengan Rp. 723,195,330.

Baca Juga: Token Gratis PLN.co.id Bulan Juli 2020

Dengan kata lain, jika kita bekerja di Amerika, maka kurang lebih kita akan mendapatkan 700 juta rupiah lebih per tahunnya, atau sekitar 60 juta rupiah per bulan. Besar banget kan? Tapi perlu diperhatikan bahwa nilai penghasilan ini berbeda-beda tergantung sangat banyak faktor seperti tempat tinggal, jenis pekerjaan, pengalaman, dll.

Biaya Hidup di Amerika

Setelah mengetahui penghasilan yang didapatkan, tidak fair rasanya jika penulis tidak memberikan data seputar biaya hidup yang diperlukan di Amerika. Sumber pertama yang penulis kutip dari expatistan.com, biaya hidup untuk pekerja yang belum menikah sebesar $2,655/bulan atau setara dengan Rp. 38,500,000. Nilai setara dengan Rp. 462,000,000 dalam satu tahun. Jika dibandingkan dengan penghasilan per tahun, maka biaya hidup di Amerika Serikat berada pada kisaran 63.8%. dengan begini, idealnya, sekitar 36.2% masih dapat disisihkan.

Baca Juga:Google Search Menampilkan Dinosaurus dalam Bentuk 3D

Perlu diperhatikan bahwa jumlah ini sangat tergantung dari pengeluaran tiap orang, status, tanggungan keluarga, dan masih banyak lagi. Data di atas hanyalah sebagai gambaran kasar saja.

Biaya Hidup dan Penghasilan di Indonesia

Untuk di Indonesia, dikutip dari katadata, rata-rata pendapatan penduduk Indonesia berada pada kisaran Rp. 59,000,000 per tahun. Jika dihitung per bulan, nilai ini menjadi sekitar Rp. 4,900,000 per bulannya.

Sedangkan, untuk pengeluaran per bulan, dikutip dari suaratani.com, setiap penduduk Indonesia rata-rata mengeluarkan Rp. 1.124.717 per bulan atau sekitar Rp. 13.500.000 per tahun. Dengan menggunakan metode yang sama, didapatkan bahwa persentase kebutuhan hidup berada pada kisaran 22%. Atau, sekitar 78% penghasilan masih dapat disisihkan. Kedua data ini tentunya dipengaruhi oleh sangat banyak faktor terutama tempat tinggal, jenis pekerjaan, dan masih banyak lagi.

Baca JugaBenarkah Hari ini Terdapat 60.000 Pasien Corona di Indonesia?

Perbandingan

Berdasarkan data di atas peresentase biaya hidup di Indonesia dibandingkan penghasilannya jauh lebih jika dibandingkan dengan Amerika Serikat. Akan tetapi, walau memiliki persentase yang lebih rendah, dengan menjadi pekerja di Amerika Serikat, jumlah yang dapat disisihkan jauh lebih besar dari menjadi pekerja di Indonesia. Jadi, bagi kalian yang punya pertanyaan “Berapa besar penghasilan di Amerika?”, selamat kalian sudah menemukan jawaban dari pertanyaan kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *