Cara Mendaftarkan Usaha Ke Google Maps tahun 2020

Bali, 18/07/2020 – Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, sebagian besar pihak memutuskan untuk mulai usaha/bisnis. Sebagian besar usaha yang dimulai umumnya dalam bidang makanan karena tergolong mudah untuk memulai. Hal ini merupakan salah satu solusi positif yang dapat membantu penambahan pemasukan saat masa pandemi sepertisaat ini. Sebagai platform yang hampir selalu digunakan, Google Maps memiliki fitur untuk menampilkan usaha/bisnis di suatu daerah. Jadi bagi para pembaca yang memiliki usaha berikut Cara Mendaftarkan Usaha ke Google Maps tahun 2020.

Keuntungan Mendaftarkan Usaha ke Google Maps

Mungkin sebagian pembaca bertanya, “apa keuntungannya mendaftarkan usaha/bisnis di Google Maps?” Tentunya sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mendaftarkan Bisnis ke Google Maps. Berikut penulis merangkum beberapa keuntungan utamanya.

  • Sebagai Media Marketing Ampuh

Belakangan ini trend bisnis sudah mulai bergeser dari offline menuju online. Sebagian besar calon pembeli umumnya mencari informasi kebutuhan mereka di Internet. Dengan mendaftarkan bisnis kita di Goolge Maps, saat ada calon customer mencari informasi produk yang berkaitan dengan usaha kita, maka nama bisnis/usaha kitalah yang kemungkinan akan muncul di hasil pencarian. Tentunya ini tergantung banyaknya review dan faktor-faktor lain. Hal ini akan menjadi marketing gratis bagi bisnis yang dirintis

  • Membantu Calon Pelanggan Menemukan Alamat dan Informasi

Setelah calon pembeli mengetahui bisnis kita, maka calon pembeli ini perlu tahu lokasi kita membuka bisnis. Mendaftarkan bisnis ke Google Maps membuat lokasi kita tercantum di aplikasi, sehingga calon pembeli bisa mengetahui lokasi pasti bisnis kita tanpa kesusahan. Sebagai pemilik bisnis, kita hanya perlu menunggu saja sambil melakukan hal lain.

  • Menambah Kepercayaan Calon Pelanggan

Seiring majunya teknologi, tidak sedikit penipuan berkedok bisnis online. Hal ini menyebabkan banyak calon pembeli was-was sebelum menentukan pilihan. Dengan mendaftarkan bisnis/usaha ke Google Maps ditambah review yang baik, calon pembeli akan lebih percaya untuk berbelanja di usaha kita. Hal ini sangat penting karena merupakan salah satu faktor paling penting.

Baca Juga

Cara Mendaftar

Cara Mendaftarkan Usaha ke Google Maps tahun 2020 sangatlah mudah. Setiap pemlik usaha bisa mendaftarkan hanya melalui aplikasi Google Maps pada HP. Jika pembaca memiliki versi Google Maps yang sudah lama, sangat dianjutkan untuk memperbaharui terlebih dahulu aplikasi di Google Play Store. Pendaftaran ini bersifat gratis, jadi jika ada pihak lain yang mengatasnamakan Google dan ingin meminta bayaran, sudah dapat dipastikan bahwa itu adalah penipu tidak bertanggung jawab yang ingin mengambil keuntungan.

Syarat yang diperlukan hanya aplikasi Google Maps. Setelah syarat terpenuhi, berikut langkah-langkah mudah yang perlu dilakukan berdasarkan sumber 99.co

  1. Untuk Pengguna Komputer/Laptop

Bagi pengguna laptop, berikut langkah-langkah untuk mendaftarkan usaha ke google maps.

  1. Buka Google Maps
  2. Pilih Menu di bagian pojok kiri atas/
  3. Klik menu “Tambahkan Bisnis Anda”
  4. Ikuti langkah selanjutnya dengan mengisi data usaha selengkap dan sejelas mungkin.
  5. Tunggu email review dari Google
  6. Proses Selesai
  7. Untuk Pengguna HP

Baca Juga:

Bagi pembaca yang menggunakan HP, berikut langkah-langkah yang harus ditempuh.

  1. Buka Aplikasi Google Maps
  2. Pilih menu yang terletak pada bagian kiri atas layar
  3. Klik pada pilihan “Tambahkan Tempat” atau dalam bahasa inggris “Add missing place”
  4. Isi form yang muncul sesuai dengan jenis usaha yang akan didaftarkan
  5. Tunggu review dari Google
  6. Proses Selesai

Jika masih belum jelas, berikut penulis melampirkan video yang bisa dijadikan acuan untuk menjalankan step-step di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *