Kalung Kayu Putih (Eucalyptus) Anti Corona? Begini Respon Warganet

Halo balik lagi sama Babang. Kali ini Babang akan bahas hal yang lagi trending di twitter (4 Juli 2020). Iseng buka twitter, hashtag #KalungAntiBego ternyata lagi rame dibahas :D. Ternyata hashtag tersebut adalah bentuk respon warga twitter terhadap Kalung Kayu Putih (Eucalyptus) yang anti Corona.

Biar kalian tahu. Dikutip dari CNN Indonesia, Kalung Kayu Putih (Eucalyptus) tersebut diklaim oleh Menteri Pertanian Indonesia (Syahrul Yasin Limpo) sebagai kalung anti Corona (COVID-19), atau bahasa lainnya jika kalian menggunakan kalung tersebut, maka virus COVID-19 yang mendekati kalian akan dibunuh :P. Dijelaskan juga berdasarkan hasil riset ilmiah, senyawa aktif 1,8-cineole pada kayu putih berpotensi untuk mengikat Mpro yang merupakan main protease atau enzim kunci dari virus corona. Enzim tersebut berperan untuk aktivitas replikasi dan transkripsi virus. Jadi kalau Mpro virus corona diikat oleh 1,8-cineole, maka virus coronanya semakin lambat untuk melakukan replikasi dan transkripsi.


Baca juga: Benarkah Hari ini Terdapat 60.000 Pasien Corona di Indonesia? ya


Tapi disisi lain, dikutip dari Kompas, menurut Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), DR dr Inggrid Tania MSI, menghimbau klaim kayu putih sebagai anti COVID-19 baru bisa dilakukan jika sudah ada hasil penelitian yang lebih spesifik terhadap strain virus corona SARS-Cov-2. Selain itu beliau juga mengatakan kalung tersebut belum diujikan pada manusia, jadi belum ada bukti virus mati kalau memakai kalung itu. Mungkin virus yang menempel tepat di kalung akan mati, tapi kalau virus disekitar badan manusia belum tentu.

Respon Warganet

Menanggapi hal tersebut, beginilah warganet twitting di twitter, Babang sematkan beberapa saja. Kalau kalian ingin explore lebih jauh, buka aja twitter dan cari hashtag #KalungAntiBego

Jadi jika dilihat dari hashtag-nya sudah jelas warganet kecewa dan masih meragukan klaim tersebut.


Jangan lewatkan trending yang lainnya juga ya. Ada Dinosaurus, Sbmpn.politeknik, Maudy Ayunda, Saraswati, Ji chang-wook, Puasa Ayyamul Bidh, Messi, SBMPTN, Veronica Tan, The Ghost and the Darkness, Jimin AOA, Man City vs Liverpool, Madrid vs Getafe, Atlรฉtico Madrid vs Mallorca, Sheff utd vs Tottenham, Death Bell, Roma vs Udinese, One Piece 984, Nimo TV, Cita Citata, Bupati Kutai Timur, The Lodgers, TTN, Man utd vs Bournemouth, Zaskia Adya Mecca, Juventus vs Torino, Leroy Sane, Triple 9, dan Manga One Piece 984.


Jika kalian suka dengan artikel ini, silakan di share ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *