Kenapa Uang Berkurang Saat Menabung di Bank?

Postingan kali ini merupakan pengalaman pribadi penulis yang akan ditulis secara ringan. Tujuannya sederhana, agar para pembaca sekalian sebisa mungkin bisa memahami produk keuangan sebelum menggunakannya. Hal ini penting agar tidak ada kesalahpahaman terhadap institusi keuangan, yang dalam hal ini merupakan bank itu sendiri. Tanpa berlama-lama lagi, penulis akan menceritakan alasan kenapa uang berkurang saat menabung di bank.

Pengalaman Pribadi

Saat masih kecil, penulis memiliki pengalaman menabung sebesar 1 juta rupiah uang beasiswa di bank. Saat itu, nominal 1 juta rupiah sangatlah besar bagi seorang anak baru lulus SD. Uang itu ditabung semua dengan harapan mendapatkan bunga bank seingga uang yang sudah sangat banyak itu menjadi jauh lebih banyak lagi. Dengan keyakinan tersebut, setiap harinya tanpa lelah, penulis bertanya kepada orang tua sudah seberapa banyak uang 1 juta rupiah yang tersimpan di bank. Akan tetapi, entah karena suatu hal, tabungan tersebut mulai terlupakan dan memang tidak penulis tambahkan sepeserpun.

Berbulan bulan kemudian penulis yang ingat akan uang tersebut berusaha secepat mungkin ke bank untuk mengecek sekaligus menarik sebagian uangnya untuk dibelikan sepatu. Akan tetapi, bukannya bertambah, uang tersebut justru berkurang. Waktu itu penulis sangat terkejut karena mendapati uang tinggal 900 ribuan. Rasanya, sangat tidak masuk akal uang yang ditabung berkurang padahal bank memberikan bunga.

Penyebab

Mengapa uang penulis bisa berkurang saat menabung di bank? Apakah Bank itu curang? Tentu saja bank tidak curang. Penulislah yang belum mengetahui biaya-biaya yang dibebankan oleh bank kepada setiap pemilik akun. Jadi, bagi para pembaca yang belum mengetahui, saat menjadi nasabah bank (menabung di bank), kita diwajibkan membayar beberapa biaya yang sudah ditetapkan oleh bank tersebut. Biaya yang paling umum adalah biaya administrasi bank. Biaya ini umumnya belasan ribu rupiah setiap bulan. Ada juga biaya lain seperti biaya transfer, biaya kartu, biaya tarik tunai dan masih banyak lagi tergantung jenis bank.

Sederhananya, biaya-biaya yang disebutkan di atas jauh lebih besar dari bunga yang diberikan oleh bank. Hal ini menyebabkan jumlah uang terus berkurang setiap bulannya. Bagi yang belum mengerti, berikut penulis berikan sebuah contoh. Asumsikan seseorang memiliki tahapan BCA dan menabung di BCA tanggal 1 Januari. Berikut merupakan suku bunga simpanan di BCA berdasarkan situs resmi BCA. 

SaldoSuku Bunga
< 5.000.0000,00
>= 5.000.000 – <= 50.000.0000,08
>= 50.000.000 – <= 500.000.0000,12
>= 500.000.000 – <= 1.000.000.0000,15
>= 1.000.000.0000,40
Suku Bunga BCA

Suku bunga di atas merupakan suka bunga per tahun, bukan per bulan. Jadi, untuk mencari bunga 1 bulan, jumlah di atas perlu dibagi dengan 12. Bahkan untuk Saldo di bawah 5.000.000 bank BCA tidak memberikan bunga sama sekali. Kecil sekali bukan? Ya memang seperti itulah kenyataanya. Lalu, bagaimana dengan biaya-biaya yang dibebankan kepada nasabah? Terdapat banyak biaya yang dibebankan. Untuk list lengkapnya silahkan baca dari situs resminya. Untuk mempermudah, penulis akan menggunakan biaya administrasi saja sejumlah 15 ribu per bulan. 

Simulasi

Dengan data di atas, lalu berapa jumlah uang jika kita menabung 1 juta rupiah di BCA pada bulan januari dan menariknya bulan Juni di tahun yang sama? Berikut simulasinya.

BulanBiayaBungaTotal
Januari001.000.000
Februari15.0000985.000
Maret15.0000970.000
April15.0000955.000
Mei15.0000940.000
Juni15.0000925.000
Simulasi Menabung di BCA

Bisa dilihat jika dalam 6 bulan saja jumlah uang yang ditabung sudah berkurang lumayan banyak. Hal ini dengan asumsi saldo tabungan tidak bertambah, tidak melakukan transfer, tidak menghilangkan buku tabungan, dan banyak asumsi lain. Lalu, apakah menabung di bank itu hal yang buruk? Menurut penulis, tentu saja tidak. Bank memberikan jaminan keamanan terhadap uang nasabahnya. Biaya-biaya tersebut sedikit masuk akal karena bank juga memberikan banyak fasilitas kepada nasabahnya misalkan Kantor Cabang, ATM, pegawai yang ramah, dan masih banyak lagi. Saat suatu bank mengalami kebangkrutan, uang nasabah tidak akan raib. Terdapat sebuah lembaga bernama LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) yang memberikan jaminan terhadap uang nasabah hingga 2 Miliar Rupiah. Untuk informasi selengkapnya, bisa langsung mengunjungi situs resmi LPS.

Solusi

Lalu, bagaimana solusinya? Perlu diketahui bahwa mendapatkan banyak fasilitas sekaligus tidak dikenai biaya dan tanpa risiko merupakan hal yang hampir mustahil. Solusi yang diberikan pada artikel kali ini adalah solusi terbaik menurut penulis, yang beberapa sudah pernah penulis terapkan. Berikut solusi agar tabungan di bank tidak cepat habis.

  • Pilih Jenis Rekening

Di beberapa bank, terdapat pilihan rekening dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Rekening dengan fasilitas yang banyak akan dikenai biaya yang banyak pula. Maka dari itu, jika pembaca belum memerlukan fasilitas-fasilitas tersebut, carilah jenis rekening dengan biaya administrasi termurah. Misalkan pada bank BCA, terdapat tahapan Expresi yang hanya mengenakan 5 ribu setiap bulannya untuk biaya administrasi. Akan tetapi, bunga yang diberikanpun sangat rendah. Beberapa bank lain juga memiliki rekening sejenis. Tanyakan saat proses pembuatan rekening, maka pembaca akan mendapatkan biaya administrasi yang paling minimal.

  • Ganti Bank

Beberapa bank memberikan tawaran sangat menarik. Bank BTPN melalui rekening Jenius, memberikan gratis biaya administrasi, gratis transfer antar bank, gratis tarik tunia di semua ATM, bunga yang besar, dan akses yang mudah melalui smartphone. Hal ini seakan menjawab semua masalah yang dimiliki oleh bank konvensional yang penulis jabarkan sebelumnya. Akan tetapi, Kantor Cabang dan ATM Bank BTPN sangat sulit ditemukan sehingga hal ini akan mempersulit beberapa pihak yang memerlukan fasilitas tersebut. Informasi selengkapnya mengenai Jenius bisa didapat di halam resminya berikut ini

Mungkin terdapat bank lain selain jenius yang memberikan kenyamanan dan fasilitas yang sangat baik. Akan tetapi, penulis belum pernah menggunakannya sehingga tidak dituliskan pada artikel ini. Silahkan cari bank yang sesuai dan jangan lupa untuk pahami biaya-biaya dan fasilitas yang didapatkan. Jadi pertanyaan “Kenapa Uang Berkurang Saat Menabung di Bank?” sudah terjawab beserta solusinya juga lho.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *