Kesalahan Umum Youtuber Pemula

Saat kita mencoba hal baru, umumnya banyak sesuatu yang belum kita pahami. Akibatnya, proses mengawali sesuatu umumnya banyak menjumpai kesalahan-kesalahan hingga akhirnya kita terbiasa dan menjadi lebih terampil. Menjadi seorang Youtuber pemula pun demikian, begitu banyak hal-hal yang belum diketahui. Jika hal ini harus dilalui satu per satu, maka kesuksesan dalam menjadi Youtuber akan semakin lama untuk diraih. Solusi dari masalah ini adalah dengan belajar dari kesalahan-kesalahan umum para youtuber pemula. Maka dari itu, artikel ini akan membahasa Kesalahan Umum Youtuber Pemula berdasarkan riset yang dilakukan penulis.

Acuan Menjadi Youtuber

Bagi beberapa yang belum mengetahui, menjadi Youtuber memiliki sebuah acuan atau “kitab suci” yang harus dipatuhi oleh semua Youtuber tanpa terkecuali. “Kitab Suci” ini merupakan semua aturan main dalam dunia per-Youtube-an. Karena tujuan kita semua adalah memenangkan atau sukses dalam Youtube, kita harus mengikuti aturan-aturan ini. Seperti halnya dalam bermain sepak bola, terdapat aturan bahwa pemain (selain kiper) dilarang menggunakan tangan untuk memainkan bola. Jika ada orang yang sangat ahli dalam menggunakan tangan untuk memenangkan sepak bola, hasilnya tetap tidak sah karena ia bermain tidak sesuai aturan.

Maka dari itu, sangat penting bagi para youtuber pemula untuk mengetahui aturan-aturan umum yang berlaku di Youtube. aturan ini selengkapnya dapat dilihat melalui link berikut ini.

Penulis yakin sebagian besar pembaca tidak memiliki cukup waktu untuk membaca semua link yang diberikan di atas. Link di atas mencakup semua aturan-aturan yang berlaku di Youtube. Untuk meminimaliris kesalahan sebagai Youtuber Pemula berikut kumpulan kesalahan umum yang dilakukan Youtuber Pemula.

Baca Juga: Download Lagu Denny Caknan x Ndarboy Genk – Ngawi Nagih Janji

Membuat Konten Yang Tidak Diperbolehkan

Di artikel sebelumnya, penulis menjelaskan Cara Menentukan Niche Channel Youtube 2020. Sangat disarankan terlebih dahulu membaca artikel tersebut untuk mengetahui jenis video apa yang akan dibuat dalam channel Youtube yang direncanakan. Jika sudah memiliki rencana, umumnya banyak pihak yang  berpendapat bahwa kreator bebas membuat konten apapun di Youtube. Hal ini merupakan Kesalahan besar karena pihak Youtube sendiri membatasai atau menyebutkan beberapa konten yang dilarang untuk diunggah di Youtube. Konten apa sajakah itu? Berikut penulis lampirkan list singkatnya.

  • Tantangan Berbahaya
  • Komedi yang Berbahaya
  • Petunjuk Membunuh/Melukai
  • Yang Berhubungan dengan Narkoba
  • Gangguan Pola Makan
  • Kekerasan
  • Mencuri dan Hal Terkait
  • Meretas dan Hal Terkait
  • Mencurangi Layanan Digital
  • Obat-Obatan Berbahaya

Penjelasan detail mengenai setiap poin yang disebutkan di atas dapat diakses melalui link berikut ini. Sederhananya, patuhilah aturan-aturan umum yang berlaku di Indonesia dalam membuat video maka kalian akan terhindar dari kesalahan umum youtuber pemula ini.

Spamming

Kesalahan ini merupakan kesalahan yang penulis lakukan sendiri. Saat pertama kali membuat Channel Youtube penulis hanya mengunggah 1 video terlebih dahulu. Setelah itu muncul ide untuk membuat grup Sub-for-sub. Setelah itu penulis meninggalkan komentar di setiap video Youtuber Pemula yang merupakan undangan untuk membuat grup WA dan membagikan linknya. Dalam kurun waktu 1-2 jam, penulis sudah memberikan komentar di begitu banyak video Youtuber lain. Beberapa saat kemudian, Channel Youtube penulis langsung di banned oleh pihak Youtube tanpa pemberitahuan sebelumnya. Terdapat sebuah notifikasi mengenai penghapusan channel ini. Pihak Youtube menganggap penulis melakukan spam sehingga channel dihapus. Untungnya saat itu baru 1 video dan jumlah subscriber masih di bawah 5 sehingga tidak terlalu berdampak besar. Akan tetapi, penghapusan channel itu menjadi pelajaran yang berharga.

Bagi yang belum mengetahui, Grup ini merupakan grup untuk saling mensubscribe channel satu sama lain untuk sukses bersama. Perlu diperhatikan bahwa beberapa youtuber/artikel mengatakan bahwa sub-for-sub adalah sesuatu yang dilarang karena dianggap mencurangi pola Youtube. Hal ini dikarenakan alasan mensubscribe bukan kualitas konten akan tetapi untuk membalas subscribe orang lain. Sebaiknya hindari kegiatan ini karena menurut penulis tidak efisien secara waktu dan hasil. Lebih baik fokus ke konten dan optimasi channel sendiri.

Baca Juga: Download Lagu BLACKPINK – Ice Cream ft Selena Gomez

Reuploader

Re-uploader merupakan kegiatan mengunggah ulang video atau konten dari Youtuber lain. Hal ini sangat dilarang karena Youtube sangat mengutamakan originalitas dari semua video yang diunggah di Youtube. Terdapat beberapa pandangan mengenai berapa detik video orang lain yang bisa digunakan atau bagaimana cara mengakali Youtube terkait kebijakan Reuploader ini. Penulis menganggap hal ini berbahaya karena selain pihak Youtube, tidak ada yang tahu pasti mengenai hal ini. Mempercayai pihak lain untuk “mengakali” aturan Youtube dapat menyebabkan channel mendapatkan peringatan dari Youtube. Channel yang sudah mendapatkan peringatan akan sulit untuk ditinjau dan mendapatkan banyak penonton.

Pelanggaran Hak cipta juga penulis masukkan ke dalam kesalahan umum ini. Konten berhak cipta yang paling sering dilanggar adalah lagu. Mengunggah ulang lagu milik musisi lain dapat melanggar hak cipta. Terkait masalah cover lagu, penulis tidak terlalu memahaminya dan sangat disarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu jika terdapat pembaca yang ingin membuat channel terkait dengan cover lagu.

Tidak Mempelajari Algoritma Youtube

Algoritma Youtube mengatur bagaimana sebuah video bisa muncul di halaman awal, halaman rekomendasi, atau hasil pencarian pengunjung youtube. Semakin banyak video kita muncul, semakin besar kemungkinan penonton video kita menjadi lebih banyak. Youtuber pemula umumnya asal-asalan dalam membuat video dan mementingkan “asal sudah upload” yang sebenarnya tidak salah, akan tetapi menjadi kurang efektif. Video yang diunggah dan kurang sesuai dengan algoritma Youtube umumnya akan mendapatkan sedikit penonton dan dapat mengurangi motivasi youtuber pemula. Maka dari itu, diperlukan mempelajari dasar-dasar algoritma Youtube untuk meningkatkan impresi, views, dan waktu tonton dari video.

Penjelasan mengenai algoritma dasar Youtube tidak akan disediakan pada artikel ini. Selain dikarenakan penulis bukan merupakan Youtuber berpengalaman, riset yang penulis lakukan belum cukup untuk dapat menulis artikel mengenai algoritma dasar Youtube.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *