Mengenal Dasar-Dasar SEO Youtube

Menjadi youtuber merupakan proses membuat video secara berkelanjutan. Video harus menarik calon penonton agar dapat meningkatkan pendapatan yang berasal dari youtube. Youtube tidak dapat memahami secara langsung isi video yang juta upload. Hal ini karena manusia yang membuat dan memprogram youtube itu sendiri sehingga youtube tidak memiliki pemahaman seperti manusia. Padahal, membuat youtube memahami isi video yang akan kita upload sangatlah penting. Jika youtube mampu memahami kontennya, Youtube akan merekomendasikan video kita ke banyak pengunjung youtube. Sebaliknya, jika youtube tidak memahami isi video, maka kemungkinan youtube tidak akan merekomendasikan video tersebut. Cara agar youtube dapat memahami isi dari video kita ini merupakan arti dari SEO atau Search Engine Optimization. Artikel ini memiliki tujuan untuk mengenal dasar-dasar SEO Youtube.

Bagian Yang Dapat Dioptimasi

Kabar baiknya, untuk melakukan SEO pada video youtube tidak memerlukan skill pemrograman atau coding. Dengan kata lain, hampir semua orang bisa melakukan optimasi pada videonya sendiri. Mungkin kalian akan bertanya, bagaimana cara melakukan optimasi ini? Cara cukup sederhana, hanya dengan melakukan penyesuaian pada 3 bagian berikut, maka youtube akan mampu memahami video kita. Bagian-bagian tersebut adalah:

  • Judul
  • Deskripsi
  • Tag

Familiar bukan? Pasti kalian sering melihatnya saat mengunggah video ke youtube. Jika ada yang masih asing, penulis sarankan agar memperhatikan setiap bagian saat mengungga video ke Youtube.

Judul

Judul merupakan bagian pertama yang penonton lihat sebelum memutuskan untuk menonton video kita. Bagian ini juga yang menentukan apakah youtube memahami video kita atau tidak. Optimasi judul dilakukan dengan menyesuaikan kata kunci yang penonton cari dengan kata kunci yang kita gunakan.

Misalkan sebagai contoh saat pandemi seperti ini, mengukur suhu merupakan salah satu hal yang sangat penting. Banyak orang ingin melakukan pengukuran suhu tubuh karena hal tersebut adalah gejala dari Korona. Karena banyak orang ingin mengukur suhu tubuh, kemungkinan besar banyak orang mencari tentang “mengukur suhu tubuh” di Youtube sehingga kata kunci ini menjadi populer di Youtube. Tugas kita adalah membuat video dengan kata kunci yang sama atau mirip. Setelah kata kunci ini sesuai dan youtube mengenalinya, maka youtube akan merekomendasikan video kita ke lebih banyak orang.

Tentu ini merupakan sebuah seo yang bersifat dasar. Dalam penerapannnya, kata kunci memiliki beberapa jenis yang sangat beragam. Terdapat kata kunci yang memiliki volume yang kecil dan yang besar. Volume ini merupakan jumlah pengunjung kata kunci tersebut. Untuk mengetahui volume ini, kalian perlu melakukan riset terhadap kata kunci. Platform umum yang populer untuk melakukan riset adalah tubebuddy. Nantikan penjelasan yang lebih dalam mengenai hal ini pada postingan selanjutnya.

Deskripsi

Selain judul, calon penonton dapat melihat 2 kalimat pertama dalam deskripsi produk. 2 kalimat ini juga menentukan apakah penonton akan menonton video kita atau tidak. Ternyata bukan hanya penonton, Youtube juga mendeteksi semua kata yang ada di kolom deskripsi terutama 2 kalimat awalnya. Youtube akan menyesuaikan 2 kalimat awal ini dengan isi video kita. Jika isi video jauh berbeda dengan deskripsi, yotube akan menganggap ini sebagai konten yang tidak sesuai atau konten yang berbeda. Karena berbeda, youtube umumnya tidak akan merekomendasikannya kepada banyak orang.

Untuk melakukan optimasi, buatlah deskripsi yang benar benar menjelaskan. Pada 2 kalimat awal, buatlah deskripsi singkat mengenai keseluruhan video. Selanjutnya, jelaskanlah hal-hal yang perlu penonton mengerti dari video kalian. Hal ini akan membantu youtube dan penonton kalian untuk memahami isi video secara komprehensif.

Tag

Terdapat sedikit rahasia dalam pengisian tag pada saat mengunggah video ke Youtube. Saat kita mengisi tag video secara sembarangan, jangkauan dari video kita tidak akan maksimal. Tag seolah-olah merupakan pembimbing bagi youtube dalam mengenalkan video kita ke penonton-penonton baru. Bagaimana cara membuat tag yang maksimal? Cara paling efektif adalah dengan meniru tag-tag dari kompetitor dan melakukan penyesuaian terhadap konten kita sendiri.

Bagaimana caranya? terdapat beberapa cara untuk melakukan ini. Akan tetapi, cara paling mudah menurut penulis adalah dengan menginstal plugin Tubebuddy. Setelah plugin ini diinstal pada browser kalian, setiap kalian membuka video di Youtube secara otomatis kalian akan bisa melihat semua tag yang digunakan oleh pengunggah video tersebut. Kalian tinggal ambil semua tag yang menurut kalian berhubungan lalu tambahkan beberapa tag lain agar tidak 100% mirip.

Manfaat

Dengan melakukan optimasi ini, secara teori video kita akan mendapat eksposureĀ yang lebih banyak kepada calon penonton. Ini akan meningkatkan kemungkinan penonton menonton video kita. Ini akan berdampak pada penghasilan dari platform Youtube yang kita akan peroleh. Sekian artikel mengenai mengenal dasar-dasar SEO Youtube ini, semoga berguna bagi kita semua. Berikut penulis lampirkan artikel-artikel lain yang membahas tentang Youtube.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *